Menikmati Kelezatan Sop Buntut Sapi ala Restoran di Rumah Anda: Resep Asli yang Mudah dan Praktis untuk Dicoba! - DATA RESEP KITA

INFO TERBARU

DATA RESEP KITA

Selamat datang di website Data Resep Kita, semoga bermanfaat untuk anda dalam memilih hidangan masakan yang enak untuk keluarga anda.

Wednesday, January 18, 2023

Menikmati Kelezatan Sop Buntut Sapi ala Restoran di Rumah Anda: Resep Asli yang Mudah dan Praktis untuk Dicoba!

Sop Buntut Sapi 

Kali ini Dataresepkita akan berbagi resep cara membuat sop buntut sapi dan ini adalah resep turun temurun dari keluarga bagi kalian yang penasaran gimana cara bikinnya baca terus sampai selesaiBahan ahan-bahannya ini aku punya 1 kg buntut sapi dan ini nanti akan aku cuci bersih Lalu nanti aku akan merebusnya terlebih dahulu agar lemak lemaknya berkurang pilih buntut sapi yang masih segar ya. Dan untuk sayurannya ada kembang kol, kubis, wortel ada kentang juga,  kemudian potong-potong sesuai mau kalian, Banyak sedikitnya sayuran itu tergantung keinginan kalian ya. Cuci bersih semua sayuran nya, seledri dan juga daun bawang aku pakai masing-masing dua batang. Dawang merah yang kita iris-iris dan akan aku jadikan bawang goreng sebagai taburan. Banyak sedikitnya nih sesuai selera kalian

Kemudian untuk bumbu halusnya siapkan setengah sendok teh lada dan juga sedikit pala jadi disini palanya aku pakai sekitar seperempat buah sudah cukup sedikit aja, 5 siung bawang putih, 22 siung bawang merah, lalu ada kaldu bubuk dan garam secukupnya sekarang kita haluskan lada pala dan juga bawang putih serta aku kasih garam dan juga kaldu saat menghaluskan agar lebih mudah, terus aku tambahkan bawang merah dan aku haluskan kembali sampai semuanya benar-benar halus dan aku sisihkan

Didihkan air untuk merebus buntut sapi nya.  Cuci dahulu buntut sapi nya, lalu aku rebus selama kurang lebih 15 menit lalu aku tiriskan, Dan airnya akan aku buang, setelah aku tiriskan aku sisihkan terlebih dahulu

Sekarang kita menumis untuk bumbu shopnya, berikutnya kita siapkan wajan, panaskan minyak dan kita tumis bumbu halusnya, kita tumis sampai bumbunya harum dan juga matang, pakai api sedang saja. Masukan 2 liter air, kemudian masukkan buntut sapi yang tadi sudah di rebus rebus kembali sampai buntutnya benar benar matang dan juga empuk setelah itu masukkan sayuran sayurannya, bertahap dari mulai pertama kentang terlebih dahulu lalu, selang satu menit aku akan masukkan wortel, dan ketika kentang dan wortel sudah mulai lunak masukkan kembang kol disusul dengan kubis dan juga daun bawang serta seledri, Bila saat memasak Airnya sudah surut tapi buntut sapinya belum juga lunak kalian bisa Tambahkan lagi air dan pastikan buntut sapi nya itu benar-benar lunak, sebelum kalian masukkan sayuran sayurannya. nah bila sudah masuk semuanya coba di tes rasa nya. Juga periksa buntut sapi nya sudah benar-benar lunak jika sudah, matikan kompor dan pindahkan ke piring saji. Yang terakhir sekarang kita bikin bawang gorengnya untuk taburan dan ini akan aku goreng sampai berubah warna kecoklatan dan akan aku taburkan di atasnya. Sekarang sop buntut sapi nya sudah matang ini rasanya enak banget dan juga seger kalian harus coba.

Bahan:

  • 1 kg Buntut sapi segar (di cuci bersih lalu direbus 15 menit di air mendidih agar lemak berkurang)
  • secukupnya wortel,kentang,bunga kol,kubis (optional)
  • 2 batang daun bawang
  • 2 batang seledri
  • 2 Liter Air untuk kuah sop
  • bawang goreng untuk taburan sesuai selera

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1/2 sdt lada
  • 1/4 biji pala
  • secukupnya garam dan kaldu bubuk
  • secukupnya gula pasir (optional)

Cara Membuat:

  1. Rebus dahulu buntut yang sudah di cuci bersih pada air mendidih kira-kira selama 15 menit lalu tiriskan serta buang air rebusannya dan sisihkan
  2. Haluskan bumbu halus (lada,pala,bawang putih,bawang merah,garam,kaldu) alian bisa juga memberi garam dan kaldu di akhir sekalian cek rasa tapi disini aku sengaja di waktu menghaluskan bumbu untuk mempermudah penumbukan
  3. Tumis bumbu halus sampai wangi lalu beri air 2L dan masukan buntut sapinya,rebus kembali sampai buntut matang dan empuk (aku butuh waktu 3-4jam) dengan api sedang cenderung kecil,kalau ingin Lebih cepat bisa pakai presto,tambahkan air bila buntut belum empuk tapi air sudah surut
  4. setelah buntut benar-benar matang dan empuk,masukan sayurannya bertahap dari mulai kentang,wortel,bunga kol,kubis dan daun bawang
  5. Yang terakhir koreksi rasa dan sop buntut bisa di sajikan jangan lupa beli taburan bawang goreng agar lebih nikmat
Selamat mencoba,semoga kalian suka.


No comments:

Post a Comment