Resep Sambal Bawang yang bikin ngiler - DATA RESEP KITA

INFO TERBARU

DATA RESEP KITA

Selamat datang di website Data Resep Kita, semoga bermanfaat untuk anda dalam memilih hidangan masakan yang enak untuk keluarga anda.

Thursday, January 19, 2023

Resep Sambal Bawang yang bikin ngiler

Sambal Bawang

Sambal bawang merupakan salah satu jenis sambal yang populer di Indonesia. Sambal ini dibuat dari bahan dasar bawang merah yang ditumbuk atau dihaluskan dan dicampur dengan bahan-bahan lain seperti cabe, gula, garam, dan minyak.

Sejarah sambal bawang tidak dapat ditentukan dengan pasti, namun sambal bawang diyakini telah ada sejak lama di Indonesia. Keberadaan sambal bawang di Indonesia berhubungan erat dengan keberadaan bawang merah yang merupakan bahan dasar utama dalam pembuatannya. Bawang merah diperkirakan berasal dari Cina dan dibawa ke Indonesia oleh para pedagang pada abad ke-15. Seiring dengan perkembangan masakan Indonesia, bawang merah digunakan dalam berbagai masakan termasuk sambal bawang.

Sambal bawang di Indonesia dikenal dengan berbagai variasi rasa dan cara pembuatannya sesuai dengan daerah masing-masing. Di beberapa daerah, sambal bawang disajikan dengan cara ditumbuk atau dihaluskan, sedangkan di daerah lain sambal bawang diiris tipis-tipis. Di beberapa daerah, sambal bawang disajikan dengan cabe merah, sementara di daerah lain sambal bawang disajikan dengan cabe hijau atau cabe rawit.

Sambal bawang saat ini dikenal sebagai salah satu makanan khas Indonesia yang digemari oleh masyarakat lokal maupun turis. Sambal bawang dapat dijumpai di berbagai tempat seperti warung makan, restoran, hingga di restoran internasional.


Berikut ini adalah resep sambal bawang yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan-bahan:

  • 10 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah
  • 2 buah cabe rawit (opsional)
  • 2 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/4 cangkir minyak goreng

Langkah-langkah:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan cabe rawit (jika digunakan) dengan ditumbuk atau di blend.
  2. Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum.
  3. Tambahkan gula merah, garam, dan gula pasir. Aduk rata.
  4. Masak sambal bawang hingga matang, lalu angkat dari api.
  5. Sambal bawang siap digunakan sebagai pelengkap dalam nasi, ikan, atau bahan dalam masakan lainnya.

Anda juga dapat menambahkan sedikit air jika sambal terlalu kering. Ingat untuk selalu mengaduk sambal agar tidak gosong. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment