Lezat, Sehat, dan Mudah Dibuat: Simak Resep Asli Korean Kimchi untuk Menambah Variasi Masakan Anda! - DATA RESEP KITA

INFO TERBARU

DATA RESEP KITA

Selamat datang di website Data Resep Kita, semoga bermanfaat untuk anda dalam memilih hidangan masakan yang enak untuk keluarga anda.

Monday, January 16, 2023

Lezat, Sehat, dan Mudah Dibuat: Simak Resep Asli Korean Kimchi untuk Menambah Variasi Masakan Anda!

Korean Kimchi 

Seringkali Ketika membeli Kimchi dari toko rasanya itu terlalu asem tidak ada rasa, kurang pedas atau pasti ada yang kurang, ga seperti Kimchi yang biasa di makan di restoran Korea ataupun di Korea dan banyak orang berpikir membuat kimchi itu susah padahal enggak loh maka dari itu kita akan memberitahu tips dan juga triknya step-by-step proses hingga kimchinya itu terasa enak walaupun disimpan berbulan-bulan.

Kita langsung aja yuk ke cara pembuatannya step pertama adalah kita menyiapkan sawi putih nya menggunakan 1 sawi putih yang sangat besar dan 2 medium sawi putih jika kalian melihat buntut dari sawi putih nya terlalu besar kita potong setengahnya untuk mempercantik kimchinya kemudian kita belah dua sawinya dengan memotong kira-kira 10 cm dari bawah sawi lalu kita robek menjadi dua bagian dengan cara menariknya menggunakan tangan kita. Kita ulangi prosesnya hingga 1 sawi menjadi 4 bagian step pertama adalah mencuci sawinya hingga bersih sampai ke dalam dalamnya dengan cara membuka daun sawi nya untuk bersatu kita bisa melihat kotoran ataupun Terkadang ada ulet atau binatang yang tersembunyi di sela-sela sawinya makanya kita harus cuci bersih ya juga jangan lupa untuk membuang daun-daun yang sudah tidak layak dikonsumsi. Step kedua kita akan membuat air garam nya di dalam mangkok yang besar kita tuang sekitar 75 gr garam lalu kita Panaskan 900 ml air tapi ini jangan sampai mendidih ya Tes dengan mencelupkan tangan kita ke dalam airnya, Setelah itu kita campurkan kedalam garamnya dan kita aduk hingga larut dan jika Airnya sudah tidak keruh lagi ini bertanda garamnya sudah larut dan jika sudah larut, kita tambahkan 2 gelas air yang dingin. Step berikutnya adalah merendam sawi dengan air garam kita ambil air garam yang tadi dan jika sudah dingin baru kita merendam sawinya airnya jangan sampai panas loh ya kita tidak ingin memasak sawinya. kemudian kita celupkan sebentar ke dalam air garam dan Jangan buang air yang menetes karena 1 baskom air ini itu untuk merendam semua sawi kita. jika sudah direndam masukkan ke dalam wadah ya. step yang keempat adalah menggarami sawinya kita tuang sekitar 75 gram garam ke dalam mangkuk kecil dan perlu diketahui untuk satu resep kimchi ini, saya hanya menggunakan garam bungkusan kecil yang berisi 250gram. kita ambil sawi yang sudah kita rendam di air garam tadi lalu kita ambil garam ke dalam tangan kita lalu kita lumuri sawinya dengan garam Kita mulai dari lapisan luar sawi lalu kita beri garam pada setiap helai daun sawinya tapi kita fokus hanya pada batang sawinya saja ya setelah sudah digarami kita masukkan ke dalam plastik container yang besar yang bisa kita tutup karena saya hanya ada satu wadah yang besar yang satu lagi saya masukkan ke dalam baskom dan tutup dengan piring agar proses fermentasi mendapatkan hasil yang maksimal. kita diamkan di suhu ruangan 8 -12 jam.

Setelah 12jam kita cek sawinya ya jika bagian putihnya kita coba patahkan dan tidak patah berarti ini sudah bisa kita lanjutkan ke proses selanjutnya tapi jika masih bisa patah kita simpan lagi Ya. Proses berikutnya adalah mencuci sawinya, Kita buang air yg sudah keluar dari sawi nya ya, Setelah itu kita cuci kembali sawinya sampai bersih proses ini untuk membuang asinnya pada sawinya, kita cuci sawinya sampai tiga kali ya agar bersih dari garam dan juga tidak asin Ini adalah yang kedua kalinya saya cuci dan yang terakhir saya bilas dengan air minum. saya masukkan air minum secukupnya kedalam wadah lalu kita bilas beberapa kali dan tiriskan hingga kering Kita harus ingat ya Kimchi ini kita makan mentah-mentah maka dari itu sangatlah penting untuk membilasnya dengan air minum. tiriskan dengan menggunakan rak piring agar airnya bisa menetes ke bawah kita keringkan sawinya selama 1-2 jam ya. 

Bahan-bahan utama yang diperlukan untuk membuat kimchi adalah setengah bawang bombay atau sekitar 57 Gr, 1 medium buah pear atau apel yang berkisar 240 gr, 15 butir bawang putih atau sekitar 50gram dan selain itu kita juga membutuhkan sekitar 20 cm dried kelp atau rumput laut kering dan juga lima buah jamur shitake yang kering. disini Saya menyarankan untuk menggunakan kecap ikan teri yang asli dari Korea. tapi kalau kalian gak punya enggak pa pa kalian bisa menggunakan kecap ikan yang biasa, kita juga membutuhkan madu gochugaru atau bubuk cabe Korea yang kasar satu genggam atau 300 gram, daun bawang dan juga dua buah lobak putih. 

Sekarang kita mulai dengan membuat kaldunya, pertama kita lap kelpnya dengan menggunakan lap basah Di dalam panci, kita masukkan 1 liter air lalu kita masukkan kelp yang kering dengan memotongnya terlebih dahulu, masukkan juga jamur keringnya lalu kita masak dengan menggunakan api kecil selama 15 menit. Setelah 15 menit kita ambil jamur dan kelp nya, kemudian kita saring dan ambil 500 ml kaldu. Masukkan lagi ke dalam panci lalu kita tambahkan 2 sendok makan tepung terigu, sebelum kita menyalakan apinya kita harus haluskan tepungnya terlebih dahulu. Setelah tepungnya tercampur rata baru kemudian kita Nyalakan Api sambil diaduk terus dan Masak hingga mengental. Sekarang kita siapkan bahan-bahan yang lainnya, lobak yang sudah kita kupas dan cuci bersih kita potong stick panjang begitu juga dengan daun bawangnya kita potong sekitar 2-3 cm panjangnya dan untuk pearnya kita potong dan buang bagian tengahnya jika kalian tidak punya pear kalian juga bisa menggunakan apel ya, Kemudian kita blend bawang putih, pear dan juga bawang bombay nya hingga halus. Disini Kalian juga bisa menambahkan 2 cm jahe namun Saya tidak menggunakan jahe karena tidak terlalu suka dengan rasanya jadi jahenya opsional ya. 

Di dalam mangkuk yang besar kita masukan bahan yang sudah kita haluskan tadi lalu kita masukkan satu gelas atau 240 ml kecap ikan dan juga 6 sendok makan madu Kimchi yang menggunakan madu sangat berbeda rasanya akan jauh lebih enak dibandingkan dengan menggunakan gula pasir saja, jadi madunya jangan di skip ya kemudian kita tambahkan 1 sendok makan garam, dua gelas atau 480 gram bubuk cabe Korea, lalu kita aduk hingga rata. kita masukkan juga krim kaldu yang sudah kita masak tadi dan yang terakhir kita masukkan 3 sendok makan gula pasir. Step disini kalian harus mencicipi bumbunya, tapi menurut saya bumbu yang sudah saya buat ini rasanya itu sudah pas Kalau bumbunya sudah enak kita masukkan daun bawangnya dan juga lobaknya, kita campur menggunakan tangan hingga semua tercampur dengan rata. Tips disini kalian wajib menggunakan sarung tangan ya karena kalau tidak menggunakan sarung tangan pasti tangan kalian akan meresa panas dan juga merah selain itu kita juga perlu menjaga kebersihan agar kimchinya tahan lama dan step yang terakhir adalah membalurkan bumbunya secara merata pada lembaran sawinya, kita mulai dari bagian depan sawi lalu ke bagian dalam sawi kita bumbui pada setiap sela-sela sawinya. Lalu kita masukkan ke dalam wadah dan ulangi prosesnya hingga sawinya habis total. Kimchi saya jadinya 4 kontainer Nah untuk membuat kimchi yg enak simpan di dalam suhu ruangan selama dua hari jadi jangan dimasukkan ke kulkas dulu ya, Setelah dua hari kimchi akan keluar Bubble atau gelembung ini bertanda kimchinya sudah difermentasi dengan sempurna dan setelah dua hari baru kalian bisa masukkan ke dalam kulkas dan bisa bertahan berbulan-bulan rasa Kimchi ini enak banget dan kalian harus coba resepnya ya..

Bahan :

  • 1/2 bawang Bombay/ 57 gr bawang bombay
  • 1 medium pear / apel 240 gr
  • 15 bawang putih cincang / 50 gr.
  • 20 cm rumput laut kering / konbu
  • 5 pcs. Jamur shitake kering
  • 250 ml Korean Fish sauce/ minyak ikan
  • 6 tbs madu
  • 480gr gochugaru/ Korean chilli powder
  • 1 ganggam bawang daun
  • 2 pcs. Lobak putih
  • 2 tbs tepung serba guna
  • 3 tbs gula




No comments:

Post a Comment