Rahasia Gulai Daging Sapi yang Lezat dan Empuk: Resep Khas Indonesia yang Wajib Anda Coba! - DATA RESEP KITA

INFO TERBARU

DATA RESEP KITA

Selamat datang di website Data Resep Kita, semoga bermanfaat untuk anda dalam memilih hidangan masakan yang enak untuk keluarga anda.

Monday, January 16, 2023

Rahasia Gulai Daging Sapi yang Lezat dan Empuk: Resep Khas Indonesia yang Wajib Anda Coba!

Gulai Daging Sapi

Kali ini aku mau bikin gulai daging sapi ini enak banget gula juga salah satu masakan yang banyak disukai orang biasanya gulai pake daging sapi atau daging kambing, kalau kalian pengen tau gimana cara aku bikinnya dan apa aja bahan-bahannya Simak sampai selesai ya.

Untuk bahannya aku pakai 250 gram daging sapi, dan 500 gram tulang iga, nah tulang iganya yang masih banyak dagingnya ini kalian boleh pakai full daging atau full tulang iga juga boleh sesuai selera aja, Nah bumbu halusnya aku pakai 6 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 4 butir kemiri yang sudah aku sangrai terlebih dahulu, 2 ruas jari kunyit, 1 ruas jari jahe, lalu sedikit pala, ini sedikit aja kira-kira seperempat butir pala, 4 buah cabe merah besar, setengah sendok the, merica 1 sendok the, ketumbar, Lalu satu sachet santan instan kemasan 65 ML, 2 lembar daun salam, 2 Batang sereh, lengkuas dan juga daun jeruk, lalu aku pakai satu setengah sendok teh garam, 2 sendok teh kaldu sapi, bubuk dan 30 gram gula merah, di sini aku pakai gula aren, Nah untuk gula merah bisa disesuaikan lagi ya Karena rasa dari gula merah di setiap daerah itu beda-beda, ada yang manis banget ada juga yang kurang manis jadi Nanti kalian bisa kurangi atau tambahkan sesuai selera, terakhir untuk bumbu cemplungnya kita pakai bunga lawang, Kapulaga dan juga kayu manis.

Siapkan dua wadah air yang satu untuk rebusan pertama yang satunya lagi untuk rebusan yang kedua, sekarang aku akan masukkan ke dalam air rebusan pertama daging dan juga tulang iganya, kita biarkan hingga mendidih dan kotorannya keluar ya, kalau udah mendidih dan kotorannya udah keluar aku pindahkan dagingnya ke dalam air rebusan yang kedua. Nah sekarang aku akan rebus dagingnya sampai empuk, Setelah dagingnya udah matang akan aku matikan apinya dan kita angkat dagingnya kalau udah agak dingin sekarang aku akan potong-potong kotak-kotak kecil.

Untuk tulang iganya aku biarkan tidak di potong-potong, aku akan siapkan bumbunya aku akan Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, pala, ini palanya akan aku hancurkan dulu biar lebih mudah pas dihaluskan, masukkan merica dan ketumbar lalu cabe merahnya, tambahkan minyak goreng biar lebih gampang pas dihalusin Nah di sini aku halusinnya pakai Chopper  sampai halus.

Sekarang aku akan tumis bumbu yang barusan kita haluskan gak usah pakai minyak lagi karena tadi kita ngalusinnya udah pakai minyak ya masukkan daun salam, sereh, lengkuas dan juga daun jeruk, daun jeruknya disobek-sobek dulu ya biar harum, lalu kita tumis bumbunya hingga matang dan juga harum. kita masak bumbunya pakai api kecil aja ya biar enggak gosong.

Kalau bumbunya udah matang aku masukkan dagingnya, masukkan air kaldu sapi atau air rebusan daging sapi tadi ini sebanyak 800 ML, tambahkan garam dan kaldu sapi bubuk, gula merah masukkan juga bunga lawang, Kapulaga dan juga Kayu Manis aduk-aduk hingga tercampur rata, kalau udah mendidih sekarang masukkan santan aduk terus sampai mendidih lagi kita Masak hingga bumbunya meresap. nah kalo bumbunya udah meresap ke dalam daging matikan aja apinya dan gulainya siap buat kita sajikan.

Daftar Bumbu:

  • 1 ekor ayam negeri utuh2 sdm cuka beras 1 sdm cuka meja
  • 8 siung bawang putih halus
  • 9 ½ sdm tepung tapioka
  • 1-2 sdm kaldu ayam bubuk

Sambal Tomat:

  • 12 siung bawang merah, belah dua2-3 buah tomat, potong
  • 20 buah cabai rawit merah, belah dua
  • 1 sdm gula
  • ¾ sdt garam
  • ½ sdt penyedap Minyak untuk menumis
  • Minyak untuk menggoreng

Langkah:

  1. Potong ayam menjadi 14 bagian, lalu marinasi ayam dengan bawang putih halus, kaldu ayam, cuka, dan tepung tapioka, aduk, tutup dengan plastic wrap, diamkan minimal 30 menit 
  2.  Panaskan minyak, goreng ayam di api besar dulu lalu api sedang-kecil hingga kecokelatan, tiriskan 
  3. Untuk sambal, panaskan minyak, tumis bawang merah dan cabai rawit, masak hingga wangi dan lunak, pindahkan ke dalam ulekan, beri garam, gula, dan penyedap, haluskan.
  4.  Di wajan yang sama, goreng tomat hingga lunak, lalu haluskan kembali bersama bawang merah dan cabai rawit, masak kembali hingga minyak keluar 
  5. Ayam goreng siap disajikan.  

No comments:

Post a Comment