Rendang Ayam Crispy: Padukan Kelezatan Rendang dengan Gurihnya Ayam Goreng dalam Satu Gigitan! - DATA RESEP KITA

INFO TERBARU

DATA RESEP KITA

Selamat datang di website Data Resep Kita, semoga bermanfaat untuk anda dalam memilih hidangan masakan yang enak untuk keluarga anda.

Saturday, January 14, 2023

Rendang Ayam Crispy: Padukan Kelezatan Rendang dengan Gurihnya Ayam Goreng dalam Satu Gigitan!

Rendang Ayam Crispy

Kali ini gue bakal ngasih tau kalian untuk bikin rendang ayam crispy yang kalian butuhkan adalah santan, daun jeruk, serai, daun kunyit, paprika powder, onion powder, blackpaper, garam, gula, dan ayam disini menggunakan ayam negeri menggunakan bagian paha atas paha bawah agar tidak cepat kering yah karena kalau kering kurang enak. 

Oke sekarang gua jelaskan bumbu dasar rendangnya. ada bawang merah, bawang putih, cabe, lengkuas, jahe, kunyit, sedikit pala sedikit cengkeh, kemiri, semua bumbu dasar di haluskan. Kemudian minyak untuk menggoreng dan juga tepung. menggunakan dua jenis tepung yaitu terigu serbaguna dan juga tepung beras ditambah dengan baking powder agar nanti lebih krispi.

Sekarang kita akan bikin ayam rendangnya dimulai dengan memasak bumbu dasarnya dulu dengan rempah-rempah lainnya, kita masukin minyak sedikit masukin sereh, daun jeruk dan daun kunyit, kita akan masak ini semua sampai wangi baru kita masukkan bumbu dasarnya kita masak sampai wanginya keluar, kemudian kita masukkan santan dan ayamnya secara bersamaan dan dikit garam jangan terlalu banyak garamnya di awal karena bakal keasinan takutnya jadi kalian kasih sedikit-sedikit aja nanti begitu udah mau matang kita cek lagi seasoningnya Apakah kurang garam atau udah pas kalau kurang kalian tinggal tambahin aja. so at this point kalau kalian lihat memang warnanya masih sangat putih dan juga seperti warna kari well memang rendang itu adalah masih keluarga kari. yang dimasak hingga sangat pekat dan kental dan konsentrat sehingga rasanya super teasty,  super bold, so thick. karena kita rebus semua santan, bumbu bumbu dan juga bumbu dasarnya hingga sangat kental. That's why rendang itu sebenarnya memerlukan proses masak yang cukup lama, jadi kalau di MasterChef cuma punya waktu satu jam atau bikin rendang dengan bumbu yang belum disiapkan dengan ayam yang belum dipotong Is it possible? Yes... But menurut gua bumbunya nggak akan menyerap ke ayam 100%.ketika hanya memasak sejam karena menurut gua rendang ini harusnya ketika sudah dimasak akan lebih enak ketika kita inepin atau Leave it over night sehingga bumbu rendangnya semua bisa menyerap kedalam dagingnya atau dalam ayamnya tapi untuk versi yang ini kita akan masak sekitar sejam gua trus gua diemin sejam jam lalu biar bumbunya meresap semua habis baru kita goreng menjadi krispy.

Sambil nunggu ayam rendang nya mateng dan mengental warnanya, kita bikin tepung untuk membuat ayam ini jadi krispy. so yang kita perluin adalah tepung terigu serbaguna dan juga tepung beras kita akan masukkin blackpaper, onion powder, paprika powder dan juga yang paling penting adalah baking powder untuk ngebikin tepung gorengnya menjadi lebih krispy, menjadi lebih airy. dan juga jangan lupa seasoning, salt atau garam secukupnya jadi untuk ngebuat ayam yang krispi, biasanya gue siapin dua adonan yang kering dan juga adonan yang basah, kalo yang basah tinggal ambil yang kering tambahin air, done.., 

Gimana cara tau rendangnya udah matang? biasanya biasanya aroma wanginya udah keluar banget ayamnya udah mateng terus juga bisa dilihat kayak minyak-minyak dari bumbu-bumbu dasarnya udah keluar semua udah makin kental kalau kalian cobain udah gak ada rasa pahit, udah gak ada rasa langu bau langu, than it's...... 

Sekarang Ambil ayam nya, masukan ayam nya satu persatu ke adonan basah kemudian masukan ke adonan kering, tangan kiri buat yang basah dan tangan kanan untuk adonan yang kering. Dan agak-agak di remas-remas sedikit Sampai keriting, lakukan sampai potongan ayam terakhir. Untuk bumbu nya kalian bisa masukan ke mangkuk untuk menjadi saus nya nanti. 
Setelah selesai sebelum kalian goreng kalian pastiin dulu minyaknya udah panas harus 150 derajat Celsius atau 375 Fahrenheit karena kalau minyak enggak panas pasti ayamnya bakal berminyak banget dan nggak akan crispy maksimal, jangan lupa siapin tisu sebelum kalian mulai menggoreng, goreng hingga matang ke coklatan. 

Setelah selesai menggoreng sajikan ayam dan bumbub rendang nya. Selamat mencobaaaaaaaa..... 


No comments:

Post a Comment