Ayam Gochujang: Resep Asli Korea yang Menggugah Selera dan Mudah Dibuat di Rumah! - DATA RESEP KITA

INFO TERBARU

DATA RESEP KITA

Selamat datang di website Data Resep Kita, semoga bermanfaat untuk anda dalam memilih hidangan masakan yang enak untuk keluarga anda.

Sunday, January 15, 2023

Ayam Gochujang: Resep Asli Korea yang Menggugah Selera dan Mudah Dibuat di Rumah!

Ayam Gochujang

Menurut gua orang Korea tuh pinter banget mereka bisa menginfluence kita nggak hanya dari film drama Koreanya, drama Koreanya itu nunjukkin makanan-makanan mereka yang super bikin kita penasaran untuk mencoba makanan mereka, udah gitu musiknya, style mereka, culture mereka semua yang kental banget dan akhirnya menginfluence orang Indonesia dan banyak banget orang Korea yang tinggal di indonesia dan akhirnya menyebar luas, banyak banget restoran Korea yang menyajikan makanan-makanan khas nya. 

Salah satu menu yang gue suka dari Korea adalah gochujang Wings. Gimana ya cara buat nya? Apa aja bahan-bahan nya? Bagaimana step-step pembuatan nya mari kita bahas dan mencoba membuat menunya.

So pertama-tama yang akan kita siapkan adalah ayamnya sebelumnya kita akan marinasi dengan kecap ikan sekitar 1 sendok makan, Oyster sauce sekitar 1 1/2 sendok makan, Black paper, sejumput garam, terus di sini gua menggunakan chop garlic, garlic yang udah gua cincang halus sekitar 1 sendok makan atau sekitar tiga siung bawang putih. Kemudian Kita mix semuanya. Chicken wings nya bisa kalian beli di supermarket dan biasanya sih udah ada potongan-potongan langsung satu bungkus yang isinya tuh Wings semua so kalian jangan beli satu ekor full terus kalian ambil wings nya doang terus sisanya enggak kepake sayang banget tuh. Jadi langsung aja kalian beli yang isinya udah full chicken wings semua. Nah kalau udah bumbunya merata semua sekarang kita masukkan ke dalam kulkas kita marinasi sekitar 30 menit.

Sambil nunggu marinasi kita  akan bikin saus dan kita akan prepare tepung untuk menggoreng nya biar krispy. Untuk sausnya Super Simple yang kalian butuhkan panci non-stick stainless, terus kita akan masukkin 2 tablespoons atau 2 sendok makan gochujang paste dan sebelum kalian Googling atau sebelum kalian tanya apa itu si gochujang paste ? gua akan kasih tahu. Gochujang paste ini tuh udah menjadi bahan yang sangat umum digunakan oleh orang Korea untuk masak ibarat kayak Indonesia tuh mungkin kaya bumbu dasar merah atau bumbu dasar kuning atau bumbu dasar putih Nah bedanya adalah gochujang ini menggunakan cabe yang digiling sampai halus sampai menjadi selai lalu digabungkan dengan fermentasi soybean atau kedelai terus kadang bisa lebih asin atau sedikit manis dan bahkan memiliki tingkat level kepedasan yang berbeda-beda tergantung branded. biasanya gojang ini bisa dipakai juga untuk memarinasi daging, bisa marinasi daging ayam bisa daging babi atau daging sapi, terus bisa juga untuk bikin sundubu jjigae dan juga bikin kimchi. Yang pertama tadi gochujang 2 sendok makan kita masukin, terus kita juga tuang sedikit oil baru masukkin 2 sendok chop garlic, kita akan masak dulu gochujang pastenya sama garlicknya sampai minyak dari gochujang paste nya keluar. Nah kalau gochujang pastenya udah wangi dan minyaknya udah keluar semua kita masukkin 1 sendok makan rice Vinegar, terus 2 sendok makan kecap asin, dan tambahkan gula sekitar 1 sendok makan untuk menyeimbangkan rasa jadi nanti sedikit asam manis pedas dan terakhir tambahin 200 ml air putih, Karena kental banget kan jadi kita tambahin air biar gak terlalu kental dan nanti ketika kita gabung bareng dengan ayamnya, sausnya ini akan menyelimuti bagian kulit ayam yang super crispy jadi setengahnya bakal crunchy, kita biarin aja sampai mendidih sekitar lima menit lalu kita matiin.

Sekarang kita siapin tepung beras untuk menggoreng nya biar krispi simple banget cukup garam dan juga sedikit black paper kalian menggunakan Whitepapper enggak masalah sama sekali, Nah tepungnga udah jadi kita sisihkan, terus kita siapin pot untuk menggoreng ayamnya karena kita akan tuang minyak cukup banyak jadi kita menggunakan pot yang cukup dalam, kita tuang minyak goreng. Ok kita udah siap untuk menggoreng ayamnya nah ayamnya ini udah dimarinasi dan simpel banget tepung tadi udah kita bikin Tinggal kita gabungkan dengan ayamnya, Kita guling-gulingkan ayamnya di atas tepung, lakukan sampe semua ayam nya terbaluri tepung. Kalo minyaknya udah panas kita goreng semua, wajib banget buat nunggu minyaknya sampai panas kalau nggak panas nanti minyaknya akan terserap oleh ayamnya dan ayamnya g akan krispy so tunggu minyaknya sampai panas, kita akan goreng ayamnya Double fry kayak 3/4 mateng trus kita angkat Kita istirahatkan, kalo suhu ayam nya sudah normal kita goreng lagi yang tujuannya agar lebih krispy lagi. kita akan goreng lagi ke dalam minyak panas sekitar 2 menit dan kita angkat, setelah selesai menggoreng ayam nya kita gabungin dengan sausnya, kita aduk merata sampai semua bumbunya masuk ke dalam ayam dan menyelimuti semua kulit crispynya, dan kita akan sajikan dengan toasted sesame sead, dan daun bawang. 

Gochujang Sauce : 

  • 350 grams chicken wings 
  • 1 sdm kecap ikan 
  • 1 1/2 sdm oyster sauce 
  • 3 siung bawang putih di cincang halus 
  • 2 sdm gochujang paste 
  • 1 sdm gula pasir / 
  • 2 sdm honey 
  • 2 sdm kecap asin 
  • 2 sdm cuka putih / white vinegar / rice 

No comments:

Post a Comment