CFu Yung Hai: Cara Mudah Membuat Hidangan Telur ala Tiongkok yang Gurih dan Lezat di Rumah! - DATA RESEP KITA

INFO TERBARU

DATA RESEP KITA

Selamat datang di website Data Resep Kita, semoga bermanfaat untuk anda dalam memilih hidangan masakan yang enak untuk keluarga anda.

Thursday, January 12, 2023

CFu Yung Hai: Cara Mudah Membuat Hidangan Telur ala Tiongkok yang Gurih dan Lezat di Rumah!

Fu Yung Hai 

Kali ini saya berbagi resep lagi, saya membuat hidangan favorit keluarga setiap hari, yaitu Fu Yung Hai. Fu Yung Hai adalah salah satu hidangan khas Tionghoa yang terkenal di Indonesia. Hidangan ini terdiri dari orak-arik telur yang dicampur dengan daging atau seafood dan sayuran seperti wortel, jamur, dan bawang bombay.

Asal-usul nama Fu Yung Hai sendiri tidak diketahui dengan pasti. Namun, ada teori yang mengatakan bahwa nama tersebut berasal dari nama seorang tokoh Tionghoa yang terkenal pada masanya, yaitu Wu Fu Yung. Wu Fu Yung dikenal sebagai seorang prajurit yang gagah berani dan memiliki keberanian yang luar biasa.

Fu Yung Hai bisa dijumpai di restoran Tionghoa di seluruh Indonesia dan juga di negara-negara lain seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand. Hidangan ini sangat populer dan menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang enak dan mudah disantap.
Meskipun hidangan Fu Yung Hai tergolong makanan yang cukup sederhana, namun teknik dan komposisi bahan yang tepat akan menghasilkan hidangan yang lezat dan enak. Oleh karena itu, jika Anda ingin mencoba membuat hidangan ini di rumah, pastikan Anda mengikuti resep yang tepat dan memperhatikan teknik dalam pembuatannya.

Berikut bahan-bahannya. Untuk Fu Yung Hai, kita menggunakan 3 butir telur. Untuk sayuran, saya menggunakan kol, wortel, dan daun bawang. Lalu, kita punya bawang putih. Anda bisa menggunakan daging atau melewatkannya. Saya menggunakan daging ayam dan udang cincang. Udang dicincang kasar untuk memberi sensasi gigitan. Saya juga menggunakan tepung kentang. Bisa juga menggunakan tepung maizena atau tepung tapioka.

Untuk saus Fu Yung Hai asam manis, saya menggunakan tomat, bawang putih, bawang merah, cuka, margarin untuk menumis, saus tomat, dan saus Kecap inggris. Sebagai bahan pengental, saya menggunakan air dan tepung maizena.

Kita panaskan minyak sekarang, sehingga siap digunakan setelah kita selesai mencampur bahan-bahannya. Pertama, gabungkan semua daging dan sayuran. Saya menggunakan masing-masing sekitar 40 g untuk ayam dan udang. Satu siung bawang putih cincang. Satu batang daun bawang. Satu sampai dua, tergantung ukurannya. Untuk wortel, saya menggunakan setengah dari satu wortel besar. Terakhir, saya menggunakan sekitar 2 daun kol kecil atau 1 daun kol besar. Saya potong dadu semuanya. Anda juga bisa mengirisnya memanjang.

Selanjutnya, saya akan membumbui dengan sekitar 1/2 sdt lada. Lalu, garam. Anda bisa menggunakan penambah rasa, tapi kali ini saya tidak menggunakannya karena rasa akan berasal dari saus asam manis. Saya mencampur ini sekarang karena lebih mudah dilakukan sebelum menambahkan telur. Jika kita mencampurnya setelah menambahkan telur , mungkin akan menggumpal. Sekarang, kita tambahkan dulu telur nya. Campur dengan baik. Sekarang, tambahkan tepung. Ini bahan penting untuk Fu Yung Hai. Karena kita menggunakan banyak sayuran yang akan mengeluarkan air saat dimasak, Fu Yung Haiakan terlalu encer dan lemas jika kita tidak menggunakan tepung yang cukup. Jika kita menggunakan terlalu banyak , Fu Yung Hai akan menjadi terlalu keras dan seperti kue.

Sudah tercampur rata sekarang, jadi kita akan menggoreng Fu Yung Hai. Pastikan minyaknya panas. Saya menggunakan minyak yang cukup banyak tetapi tidak terlalu banyak karena dapat tumpah. Pertama, kita akan menggorengnya dengan api besar. Setelah panas akan kita kecilkan nanti, karena Fu Yung Hai cukup kental sehingga bagian tengahnya mungkin kurang matang. Tuang adonan ke dalamnya. Saat bagian luar mengembang, kita bisa menurunkan panasnya. Saya tidak ingin gosong, Saat bagian bawah berwarna cokelat, terus olesi dan balikkan. Perlahan-lahan. Saya menggunakan 2 spatula untuk membalik agar Fu Yung Hai tidak berantakan. Kita bisa tahu kapan akan memasak. Saat kita dorong, bagian dalamnya tidak berair lagi. Kemudian, kita bisa menambah panas agar permukaannya bisa garing dengan baik. Setelah matang sekarang angkat dari panci penggorengan. kita akan menguras ini dulu. Tiriskan minyak dan letakkan di atas tisu.

Sekarang, kita akan membuat saus asam manisnya. Panaskan wajan. Mulailah dengan menambahkan 1 sdm margarin. Anda juga bisa menggunakan minyak goreng biasa. Kemudian, tumis bawang bombay dan bawang putih. Setelah harum, masukkan tomat. Saya sudah mengupas tomatnya karena kulitnya cenderung keras saat dimakan. Terus aduk. Jika Anda tidak memiliki tomat, lewati saja dan gunakan saja saus tomatnya. Tomat tidak wajib. Tunggu hingga tomat layu, lalu masukkan sisa saus. Pertama, saus tomat. Kemudian, 1 sdt saus Kecap inggris. Selanjutnya, cuka. Ada semua jenis cuka. Cuka beras kurang asam. Cuka suling biasanya lebih kuat. Lalu, saya menambahkan air. Terus aduk. Saya tambahkan lada secukupnya, dan gula. Beri rasa terlebih dahulu. Anda bisa menambahkan lebih banyak gula atau garam, secukupnya. Karena saya menggunakan saus tomat, ini sudah cukup kental. Tapi itu tidak cukup, jadi saya menambahkan sedikit bahan pengental. Gunakan sekitar 1 sdt tepung kentang dan larutkan dalam air. Tuang perlahan ketika sausnya mendidih. Sepertinya ini sudah cukup. Saus siap disajikan setelah mendidih, Fu Yung Hai siap disajikan. Kita siapkan beberapa hiasan. Ini adalah daun bawang yang diiris tipis yang telah direndam dalam air. Juga cabai merah iris tipis yang sudah direndam air juga. Taburkan di atasnya. 

Bahan:

  • 3 butir telur
  • 2 lembar kol
  • ½ wortel
  • 40 gr ayam cincang
  • 40 gr udang
  • 3 sdm tepung kentang / sagu
  • 1 bawang putih halus
  • 1 batang daun bawang
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Minyak goreng

Bahan saus:

  • 1 sdm margarin
  • ½ bawang bombai
  • 1 tomat kupas, potong kotak-kotak
  • 150 ml air
  • 1 sdm tepung maizena
  • 3 sdm saus tomat
  • 1 sdt kecap inggris
  • 2 sdt cuka
  • Garam, merica sesuai selera

Langkah:

  1. Masukkan kol, wortel, bawang putih halus, daun bawang, ayam, dan daging ke dalam wadah
  2. Masukkan garam dan merica
  3. Masukkan telur
  4. Masukkan tepung kentang/sagu
  5. Aduk hingga tercampur rata
  6. Goreng hingga garing dan empuk
Sajikan dengan saus

Saus:

  1. Tumis margarin, bawang bombai, dan bawang putih
  2. Masukkan tomat
  3. Tambahkan saus tomat, cuka, dan kecap inggris
  4. Masukkan sedikit demi sedikit campuran air dan tepung maizena
  5. Tambahkan gula dan garam sesuai selera
  6. Masak hingga saus medidih dan sedikit mengental


No comments:

Post a Comment