Cara membuat ayam goreng bawang yang harum, gurih dan enak - DATA RESEP KITA

INFO TERBARU

DATA RESEP KITA

Selamat datang di website Data Resep Kita, semoga bermanfaat untuk anda dalam memilih hidangan masakan yang enak untuk keluarga anda.

Monday, October 12, 2020

Cara membuat ayam goreng bawang yang harum, gurih dan enak

 


Ayam goreng selalu jadi favorit. Yang satu ini ayam direndam dengan bawang hingga aromanya sangat harum dan gurih, Dilapisi tepung lalu digoreng hingga renyah. Santap selagi hangat dengan saus cabai, sambal Bangkok atau saus asam manis kesukaan Anda.Kali ini saya ingin berbagi resep bagaimana caranya mengolah ayam nih salah satu menu yang olahannya ayam yaitu bikin ayam goreng bawang putih, ini beneran enak banget ini wajib banget teman-teman cobain, bagian luarnya itu krispi rempahnya itu kerasa banget jadi kriuk itu bagian luarnya tapi bagian dalamnya ini tetap juice.

Bahan-bahannya semuanya udah saya tulis Disini langsung aja kita akan mengolah bahan-bahannya sambil saya sebutin satu persatu ya, yang pertama kita akan bikin bumbu halusnya nah disini menghaluskannya saya menggunakan choopler kemudian ini saya isi aja langsung 4 siung bawang merah, yang udah saya kupas dan saya cuci bersih, Lalu ada 10 siung bawang putih Ini juga udah saya kupas dan saya cuci bersih juga setelah itu tambahkan ketumbar, ini ketumbarnya nggak perlu disangrai ya kalau saya disini Langsung aja kita tambahkan empat sendok teh ketumbar, Setelah itu kita tambahkan merica bubuk, disini saya tambahkan sekitar setengah sendok teh merica bubuk kalau misalkan ingin lebih banyak lagi juga boleh disesuaikan saja lanjut ke bahan berikutnya yaitu kunyit, disini saya menggunakan 1 ruas jari kunyit ini udah saya kupas dan saya cuci bersih, Setelah itu kita tambahkan satu ruas jari jahe, kalau misalkan teman-teman mau lebih banyak jahenya misalnya mau pakai 1 ibu jari jahe juga boleh, kemudian nyalakan chopper nya saya tidak ingin terlalu halus semuanya ini bahan-bahannya Jadi nanti dia hasilnya seperti agak sedikit dicacah tapi lebih halus lagi, setelah itu tambahkan dua butir telur utuh kalau misalkan tidak menggunakan chopper misalnya ingin bahan-bahan halusnya itu diulek aja pakai Cobek juga boleh. Nah kalau sudah halus tinggal kita tambahkan dua butir telur utuh di wadah karena saya menggunakan Chopper setelah bumbunya udah mulai halus, langsung saya tambahkan untuk dua butir telur utuh kemudian tinggal saya pencet-pencet aja bagian tombol atasnya chopper nya disini memecatnya nggak perlu terlalu kuat ya atau mengaduknya nggak perlu terlalu kuat gak perlu terlalu sering ngasal aja sebentar pencet lepas pencet lepas jangan sampai mengembang telurnya, kalau mengembang nanti malah jadi kue ya bahan-bahan nya, 

Nah kalo udah cukup sampai tercampur rata bahan bahan tadi, kemudian kita siapin wadah, wadah yang cukup besar seperti baskom lalu masukkan 6-7 sendok makan tepung maizena, disini saya menggunakan 6 sendok makan maizena kurang lebih, kalau udah selesai, lalu kita masukkan atau kita tambahkan bumbu halusnya yang tadi, terus di aduk Kalau sudah tercampur rata sebenarnya akan lebih mudah kalau ini langsung ditambahkan garam dan kaldu bubuk. Aduk lagi. 

Setelah bumbu halus dan tepung nya tercampur, saya masukkan satu ekor ayamnya, untuk satu ekor ayam ini saya potong menjadi 10 bagian kalau misalnya ingin lebih kecil-kecil lagi juga boleh sih sebenarnya kalau di rumah inginnya lebih besar-besar seperti ini tinggal kita aduk rata aja semuanya. Disini langsung saya tambahkan garam, untuk garamnya ini sesuai selera aja kurang lebih sekitar satu setengah sampai dua sendok teh, kemudian tambahkan gula pasir, di sini saya gunakan setengah sendok teh, lalu kaldu jamur disini saya gunakan sebanyak satu sendok teh kaldu jamur, kalau misalkan mau menggunakan kaldu bubuk yang lain misalnya kaldu bubuk ayam ataupun kaldu bubuk sapi juga boleh, perhatikan untuk tingkat keasinan nya ya biasanya untuk kaldu bubuk ayam dan kaldu bubuk sapi itu agak lebih asin dari kaldu jamur jadi perhatikan aja, kalau udah kita tambahin semua kita aduk sampai semuanya benar-benar tercampur kemudia tutup dengan plastic wrap, diamkan minimal kurang lebih 30 menit dan supaya benar-benar meresap untuk bumbu-bumbunya ini. 

Setelah selesai udah kerendam semuanya aduk rata terlebih dulu sebelum di goreng supaya semakin tercampur rata untuk bumbu bumbunya. kalo udah ini kita sisihkan terlebih dulu lanjut kita siapin segenggam bawang putih, segenggam bawang ini bawang putih kating ya kalau misalnya mau pakai yang bonggol itu bisa menggunakan dua bonggol bawang putih kemudian temen-temen bisa geprek aja nggak perlu sampai hancur asal digeprek aja seperti ini jangan lupa untuk dicuci terlebih dulu ya sebelum digunakan jadi setelah dicuci bersamaan dengan kulit kulitnya kemudian digeprek lalu kita sisihkan terlebih dahulu. Kita panaskan minyak ini minyaknya saya gunakan agak lebih banyak supaya nanti lumayan tercelup semuanya ya, kita panasin minyaknya, kalau udah, mulai panas baru kita masukkan ayam yang sudah kita rendam dengan bumbu tadi. 

Nah kalau udah kita masukkin semuanya satu persatu, kemudian disini akan saya goreng. Sebenarnya ada dua metode yang biasanya saya gunakan tapi sebenarnya sama semuanya sih kalau disini yang metode pertama saya goreng sampai dia mulai setengah mateng, kalau udah mulai setengah matang Udah dibalik semua langsung saya masukkan untuk bawang putihnya tapi ada metode yang lainnya seperti contohnya untuk bawang putihnya Ini saya masukkan dulu kalau udah mulai kering bawang putihnya kemudian saya angkat lalu minyaknya akan saya gunakan untuk menggoreng ayam. nah sesuaikan aja kalau disini yang pertama ini saya akan beri contoh ketika udah mulai kering seperti ini kita balikan satu sisinya, Nah kalau setengah udah mulai kering seperti ini kemudian langsung saya masukkan bawang putih yang udah kita geprek tadi masukin aja semuanya ke dalam minyak yang ada ayam yang digoreng itu. Nah kalau udah mulai kering ayam udah pas keringnya, matangnya kemudian bawang putih juga udah mulai kering kemudian bisa kita angkat dan kita sisihkan sebentar. ini kalau misalnya mau menggoreng banyak enggak perlu berkali-kali untuk bawang putihnya tapi disini saya ingin mencontohkan metode yang lainnya jadi disini saya akan dua kali memasukkan bawang putih tapi kalau misalkan ini mau menggorengnya satu Kali aja bawang putihnya masuk selanjutnya tidak perlu ditambah dengan bawang putih lagi ya. Nah kalau kayak gini ini metode yang satunya ya Jadi sebelum ayamnya masuk saya masukan bawang putihbya, kemudian saya langsung masukkan ayam yang udah kita bumbuin tadi setelah dimasukkan kita goreng aja sampai dia benar-benar matang dan kering 

Oke ayam goreng bawang putihnya udah selesai udah jadi ini benar-benar rasanya enak banget rempahnya kerasa dan bagian luar ayamnya itu bisa kriuk serta bagian dalamnya itu juice banget. temen-temen harus cobain resep ini. Semoga bermanfaat. 


Daftar bahan :

1 ekor ayam ukuran besar 

6-7 sdm tepung maizena 

1 1/2 - 2 sdt garam

1/2 sdt gula pasir 

1 sdt kaldu jamur 

2 butir telur utuh bumbu halus 

4 siung bawang merah 

10 siung bawang putih 

1 ruas jari kunyit 

1 ruas jari jahe 

4 sdt ketumbar 


bahan lainnya : 

1 genggam penuh bawang putih atau 2 bonggol bawang putih



No comments:

Post a Comment