Aroma Harum yang Menggoda: Mengenal Lebih Dekat Resep Rahasia Ayam Goreng Mentega yang Bikin Lidah Bergoyang! - DATA RESEP KITA

INFO TERBARU

DATA RESEP KITA

Selamat datang di website Data Resep Kita, semoga bermanfaat untuk anda dalam memilih hidangan masakan yang enak untuk keluarga anda.

Thursday, January 19, 2023

Aroma Harum yang Menggoda: Mengenal Lebih Dekat Resep Rahasia Ayam Goreng Mentega yang Bikin Lidah Bergoyang!

Ayam Goreng Mentega

Kali ini, Dataresepkita akan membuat Ayam Goreng Mentega Kedelai. Pastinya menjadi makanan favorit banyak orang. Saya sering memasak ini di rumah karena enak dan praktis. Rasanya luar biasa jika dinikmati dengan nasi.

Berikut bahan-bahannya. Saya menggunakan paha ayam broiler bertulang. Anda juga bisa menggunakan fillet atau ayam jago. Saat memasak ayam, bumbunya penting. Saya pakai jeruk nipis, kecap asin, tepung maizena, garam, merica, MSG. Untuk Saus Mentega Kedelai, saya akan menggunakan kecap manis. Jika Anda ingin asin dan bermentega, yang ini saus ala rumahan. Saya akan menggunakan bawang putih, bawang merah, saus tiram, kecap manis, saus kecap inggris, margarin atau mentega, dan saus sambal. Jika Anda tidak ingin pedas, gunakan saus tomat sebagai gantinya.

Saya akan memotong potongan paha atas-bawah ini menjadi 4 bagian. Potong melalui tulang. Saat memotong tulang, gunakan ujung bawah pisau karena akan memberi Anda akurasi yang lebih baik saat memotong. Biasanya, itu juga akan lebih kuat. Selesai memotong sisa ayam, lalu pindahkan ke mangkok atau wadah yang ada tutupnya. Lumuri ayam dengan bumbu, kecap dan jeruk nipis. Saya pakai stock powder, tapi bisa juga pakai MSG atau di skip. Kemudian garam, merica, dan tepung maizena untuk melunakkan ayam agar tetap lembab meski sudah digoreng. Jika Anda menggunakan fillet, Anda tetap harus memarinasinya dulu agar beraroma dan teksturnya empuk. 

Rendam pada suhu kamar selama 30 menit hingga 1 jam. Untuk memarinasinya lebih lama, letakkan di lemari es. Cukup dengan memotong ayam menjadi potongan-potongan kecil. Panaskan minyak dengan api besar. Setelah panas, goreng ayam. Lanjutkan menggoreng dengan api besar sampai garing. Ini akan sangat harum karena jeruk nipis dan kecap. Anda harus menggorengnya dengan sabar karena kita ingin garing. Setelah ayam nya di goreng, ayamnya akan renyah. Warnanya terlihat coklat nikmat berkat kecap. Saya lebih suka kulitnya renyah seperti ini jadi rasanya lebih enak kalau kita campur dengan Soy Butter Sauce.

Untuk sausnya, tumbuk bawang putih agar aromanya meresap ke dalam masakan tanpa menyebarkan bawang putih ke mana-mana. Jika ingin rasa bawang putih yang lebih kuat, Anda bisa mencincangnya. Iris bawang, panaskan sedikit minyak. Jangan tambahkan mentega atau margarin sekarang karena mudah gosong. Saya akan menambahkan sedikit minyak dan menumis bawang putih sampai harum dan garing untuk mengeluarkan aromanya. Selanjutnya, tambahkan margarin atau mentega dan masukkan bawang bombay. Tumis sebentar saja kalo terlalu lama bawang bombay akan terlalu layu. 

Pastikan Anda menggunakan mentega tawar. Jika Anda menggunakan mentega asin,maka semua olahan ini akan menjadi terlalu asin. Sekarang, tambahkan saus kecap inggris, saus tiram, kecap manis, saus sambal atau saus tomat (tidak pedas). kita tambahkan sedikit gula agar ada sedikit rasa manis dan sedikit MSG supaya gurih. karena kita sudah menggunakan saus tiram makan Jangan terlalu banyak. Tambahkan ayam goreng. Saya akan menambahkan air karena air berkurang saat memasak. Saus kalau engga di tambahkan air nanti sausnya menjadi terlalu asin. Lalu, lanjutkan memasak sebentar agar kuah terserap lebih baik. 

Nah, Soy Butter Fried Chicken siap disajikan. Rasanya harum dan gurih, pasangan yang pas adalah nasi hangat. Tak hanya kuahnya, tekstur ayam juga penting. Ayamnya kita goreng sampai garing jadi pas dicampur sama sausnya wangi dan teksturnya enak. Selain itu, karena Kita mengasinkan ayam, bagian dalamnya tetap lembap meski kulitnya garing. Aroma jeruk nipis dan bumbunya meresap dengan baik sehingga ayamnya harum. Sausnya memiliki aroma margarin. Rasanya gurih dan cocok dengan perasan jeruk nipis yang harum.

Bahan Marinasi:

  • 4 pcs paha ayam broiler
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 sdm kecap asin
  • 2 sdm maizena
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica
  • 1 sdt kaldu / penyedap

Bahan saus:

  • 3 siung bawang putih, geprek
  • ½ buah bawang bombai, iris
  • 4-5 sdm margarin / mentega
  • 3 sdm kecap kecap inggris
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap manis
  • ½ sdm saus sambal / saus tomat
  • 2 sdt gula pasir
  • ½ sdt kaldu ayam
  • Minyak untuk menumis secukupnya
  • Air secukupnya

Lainnya:

  • Jeruk limau

Langkah:

  1. Potong ayam masing-masing menjadi 4 bagian terus marinasi dengan kecap asin, jeruk nipis, garam, kaldu bubuk, dan merica, simpan di wadah yang tertutup diamkan di suhu ruangan selama 30 menit
  2. Panaskan minyak, gunakan api besar kemudian goreng ayam hingga kering, tiriskan
  3. Panaskan minyak sedikit, tumis bawang hingga kecokelatan dan harum lalu masukkan margarin dan bawang bombai, ditumis sebentar
  4. Kemudian Masukkan saus tiram, saus sambal, kecap inggris, kecap manis, gula, dan kaldu ayam, kemudian aduk rata
  5. Masukkan ayam kemudian air secukupnya, masak sebentar.
  6. Ayam goreng mentega siap dihidangkan


No comments:

Post a Comment