Resep tempe lada hitam ini punya bumbu rahasia - DATA RESEP KITA

INFO TERBARU

DATA RESEP KITA

Selamat datang di website Data Resep Kita, semoga bermanfaat untuk anda dalam memilih hidangan masakan yang enak untuk keluarga anda.

Monday, February 6, 2023

Resep tempe lada hitam ini punya bumbu rahasia

Tempe lada hitam

Kali ini, Dataresepkita akan membuat Tempe Lada Hitam. Ini mirip dengan Daging Sapi Lada Hitam dalam masakan Cina tetapi sebagai pengganti daging sapi,  menggunakan tempe. Lebih hemat dan jika tidak makan daging, cukup pakai tempe dan rasanya tetap enak. Hari ini, saya akan memasak dengan Royco Saus Tiram. Mari kita simak bahan-bahannya!  

Kita akan menggunakan tempe. Anda juga bisa menggantinya dengan jamur atau tahu. Namun, pastikan untuk menggunakan tahu yang keras. Untuk melapisi tempe, kita akan menggunakan bawang putih, telur, air, dan tepung maizena. Untuk Saus Lada Hitam, saya menggunakan lada hitam yang digiling kasar. Pastikan lada hitam masih dalam kondisi baik. Seharusnya tidak berjamur atau berbau apak. Itu harus memiliki aroma yang baik. Selanjutnya, kita membutuhkan bawang putih, bawang merah, saus tomat, kecap inggris, kecap asin, minyak wijen Saus Tiram Royco, margarin, dan air. Kita juga membutuhkan gula dan MSG atau bubuk jamur. Anda bisa menyimpan Saus ini di lemari es. Sebagai tambahan, kita membutuhkan bawang bombay dan biasanya paprika. Biar lebih hemat, saya pakai cabai merah dan hijau saja untuk membuat tempe lada hitam.

Panaskan sedikit minyak. Minyak jangan terlalu banyak nanti kita masukkan margarine dan Iris bawang merah, lalu cincang kasar. Cincang bawang putih. Saya menggunakan garlic press. Tambahkan itu dan bawang merah ke dalam wajan. Tumis sebentar hingga harum. Kemudian, tambahkan margarin. Saya lebih suka tidak menumis dengan margarin karena mudah gosong jika panasnya terlalu tinggi. Masukkan lada hitam. Masak sebentar hingga harum untuk menambah aroma, tapi jangan sampai gosong karena akan membuat tempe lada hitam kita menjadi pahit. Masak sebentar, lalu tambahkan air dan tambahkan saus: kecap, kecap inggris untuk aroma, dan kecap. Ini yang tidak boleh Anda lewatkan saus tiram! Saya menggunakan Royco Saus Tiram, saus andalan baru saya untuk membuat masakan saya beraroma tapi tidak amis, Ini akan membuat hidangan apa pun menjadi lebih lezat, terutama untuk sangat cocok untuk pembuatan tempe lada hitam yang akan kita buat ini seperti hidangan restoran! Agar masakan lebih harum, saya tambahkan minyak wijen, gula, dan bubuk jamur atau MSG. Lalu, masak sebentar saja. Jangan lupa untuk tes rasa. Jika rasa terlalu pekat, tambahkan 1 - 2 sdm air. Setelah dimasak sebentar , kuahnya sedikit mengental. Sisihkan.

Untuk membuat tempe lada hitam untuk vegetarian ini, gunakan saus tiram vegetarian dan lewati kecap inggris. Saya membuat banyak Saus. mungkin hanya akan menggunakan setengahnya untuk satu resep tempe. Anda bisa menyimpan sisa saus di lemari es.

Pertama, saya akan mengiris tempe. Agar terlihat lebih menarik, saya akan mencubit tempe menjadi potongan-potongan dari pada memotongnya dengan pisau. Potongannya tidak boleh terlalu besar, agar tempe lada hitam kita lebih menarik, Saya lebih suka yang lebih kecil untuk menciptakan keseimbangan antara saus dan tempe. Sekarang, tambahkan bawang putih agar rasanya tidak rata. Anda dapat melewati ini karena  telah menambahkannya ke saus juga. Kemudian, tambahkan telur, air, tepung maizena, kaldu jamur, dan aduk rata. Adonan seharusnya tebal seperti ini. Campurkan saja. Tidak apa-apa jika tempenya agak sobek. Sebenarnya, itu akan membuat teksturnya lebih menarik dan renyah. Setelah minyak panas, goreng tempe. Saya menggorengnya dengan api besar. Sabar dan goreng hingga tempe garing di luar, berwarna cokelat keemasan, dan harum. Setelah berwarna coklat keemasan, angkat tempe.

Sekarang, mari kita siapkan Tumisan potong dua cabai seperti ini dan buang bijinya agar terlihat lebih mirip dengan paprika. Anda juga dapat mengirisnya secara normal atau diagonal. Itu bukan masalah sama sekali. Lakukan hal yang sama pada cabai hijau. Ini hanya untuk membuat mereka terlihat cantik. Sekarang, potong saja menjadi irisan diagonal besar. Potong dadu bawang kira-kira seukuran cabai. Di wajan yang sama, saya akan menumis cabai dan bawang. Tumis sebentar menggunakan sedikit minyak. Jangan biarkan mereka terlalu lunak. Kemudian, tambahkan tempe dan Saus Lada Hitam. Jangan memasak ini terlalu lama karena Saus utnuk tempe lada hitam bisa menjadi terlalu asin. Sekarang, siap disajikan.

Seperti yang diharapkan dari Saus dari tempe lada hitam kita ini, rasanya kompleks, tajam, gurih, dan sedikit manis sehingga menyeimbangkan rasanya. Hal yang menarik di sini adalah tempe. Ini garing di luar tapi lembut di dalam. Jadi, penting untuk menggorengnya sampai garing. Adonan juga penting untuk membuatnya garing tapi tidak kenyal.

Berikut ini Dataresepkita akan bagikan daftar bahan-bahan yabg diperlukan untuk membuat resep tempe lada hitam:

Bahan:

  • 250 gr tempe
  • 70 gr maizena
  • 1 butir telur
  • 4 sdm air
  • ½ sdt kaldu jamur / penyedap
  • 3 siung bawang putih

Bahan saus lada hitam:

  • 2 sdm margarin
  • 1 sdm minyak
  • 4 siung bawang putih, cincang
  • 6 siung bawang merah, cincang
  • 220 ml air
  • 20 gr lada hitam, sangrai, haluskan
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm kecap inggris
  • 1 sdm kecap asin
  • ½ sdt minyak wijen
  • 3 sdm Royco Saus Tiram
  • 2 sdt kaldu jamur
  • 120 gr saus tomat

Bahan lainnya:

  • ½ buah bawang bombai
  • 2 buah cabai merah
  • 2 buah cabai hijau

No comments:

Post a Comment